Laman

Minggu, 10 Juni 2012

TUGAS KOMUNIKASI DATA


Soal

1.      Jelaskan dengan singkat konsep Komunikasi Data !
2.      Sebutkan beberapa media transmis data yang mungkin digunakan !
3.      Apa fungsi dari sistem Komunikasi Data ?
4.      Terangkan dengan singkat peristiwa yang menjadi sejarah penting bagi terbentuknya industri komunikasi sampai tahun 1990-an.
5.      Jelaskan komponen dasar jaringan Komunikasi Data ?
6.      Apa yang disebut jaringan komunikasi ?
7.      Apa perbedaan antara jaringan komunikasi dan sistem komunikasi !
8.      Apa persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh jaringan komunikasi
Data ?
9.      Apa yang dimaksud dengan waktu tenggang antara failure (MTBF) ?
10.  Terangkan tiga aplikasi jaringan komunikasi data !


Jawaban

1.      Komunikasi Data terbagi atas dua kata yaitu kata Komunikasi dan Data. Komunikasi merupakan interaksi dua arah untuk saling menyampaikan informasi antara pihak satu dengan pihak yang lainnya melalui media transmisi. Sedangkan Data merupakan kumpulan kejadian fakta dari sebuah objek berupa suara, tulisan, gambar atau gabungan dari ketiganya. Jadi, Komunikasi Data adalah sebuah pergerakan data dari pihak satu ke pihak lainnya menggunakan media transmisi data tergangtung dari tipe datanya.

2.      Media transmis data :
1.      Copper Media (Kabel)
2.      Optical Media
3.      Wireless Network


3.      Fungsi komunikasi data :
1.      Memungkinkan orang yang berada pada lokasi geografis berbeda dapat saling berkomunikasi.
2.      Memperoleh data bisnis selagi dat tersebut dibuat (online)
3.      Sistem komunikasi data memungkinkan orang dan bisnis yang mempunyai lokasi geografi berlainan dapat saling berkomunikasi
4.      Memberikan informasi kepada orang yang tepat dengan tepat waktu.
5.      Memberikan informasi data terbaru (up-todate).

4.      Sejarah singkat komunikasi sebelumnya beberapa alat komunikasi hanya berupa tulisan di sebongkah batu kemudia diatas daun kering hingga akhirnya terlahir surat dan diawali pada tahun 1837 dengan adanya telegraph surat menyurat yang lumayan canggih yang ditemukan oleh Samuel F.B Morse. Setelah itu Tlegraph semakin melesat hingga tahun 1850’an hingga sekarang masih ada dalam bentuk pos westren union. Kemudian awal tahun 1876 lahir alat komunikasi yang baru berupasa pesawat telephone, kemudian lanjut tahun 1913 ada alat komunikasi komputer yang bernama Vacum Tube atau tabung hampa udara. Seiring dengan perkembangan jaman dengan terlahirnya transistor, lanjut ke multitransistor hingga berbentuk chip tahun 1984’an sudah nuncul alat komunikasi Handphone berbasis seluler mobile dan hingga sekarang bermunculan alat komunikasi Handphone dengan tambahan fitur-fitur cangih.






5.      Komponen dasar jaringan Komunikasi Data :
1.      Pengirim (Source)
adalah piranti yang mengirimkan data.
2.      Penerima (Receiver)
 adalah piranti yang menerima data.
3.      Data
 adalah informasi yang akan dipindahkan.
4.      Media pengiriman (Medium)
 yaitu media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data.
5.      Protokol
 merupakan sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer.

6.      Jaringan Komunikasi adalah suatu kumpulan sirkuit atau jalur komunikasi data dengan bantuan dari medium sebagai pembawa sinyal.

7.      Perbedaan antara jaringan komunikasi dan sistem komunikasi:
§  Jaringan Komunikasi adalah suatu kumpulan sirkuit atau jalur komunikasi data dengan bantuan dari medium sebagai pembawa sinyal.
§  Sedangkan Sistem Komunikasi adalah sistem pergerakan untuk mengantarkan informasi berupa data dengan bantuan media yang berupa kabel, gelombanh elektro magnet, cahaya, atau perantara lainnya.






8.      Persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh jaringan komunikasi Data :
1.      Performance (Penampilan) : Diukur dengan waktu respon jaringan yang dipengaruhi oleh  jumlah pemakai, kecepatan transmisi, jenis media transmisi, jenis HW dan SW yang digunakan.
2.      Konsistensi : Ketepatan data yang ditransmisikan dan waktu tenggang antara failure.
3.      Reliabilitas (Reliability) : Kehandalan
4.      Recovery : Kemampuan untuk pulih
5.      Security (Keamanan) : Jaminan keamanan atas pengaksesan data (pencurian,  penghancuran atau pengrusakan data) oleh pihak-pihak  tidak diharapkan.

9.      MTBF atau Mean Time Between Failures adalah ukuran waktu rata-rata dari sebuah produk hingga ia mengalami kerusakkan. Hal itu ditentukan berdasarkan statistik pengujian operasional sebelum ia dilepaskan ke pasaran. Biasanya ukuran MTBF ini dalam satuan jam.

10.  Aplikasi jaringan komunikasi data:
1.      Teleconverence adalah komunikasi antara dua orang atau pihak satu dengan pihak yang lain yang saling berjauhan meliputi komunikasi suara dan gambar. Contohnya : Handphone.
2.      E-mail atau Elektronik Mail adlah alat komunikasi berupa surat elektronik dan dapat digunakan apabila kedua belah pihak mempunyai alamat email untuk berkomunikasi lewat email.
3.      Home Banking adalah pemanfaatan teknologi internet sebagai media untuk melakukan transaksi yang berhubungan dengan transaksi perbankan. Contohnya : E-Banking (Internet Banking).

0 komentar:

Posting Komentar